Sejarah

Madrasah Ibtidaiyah Andalan Cijantung atau MI Andalan didirikan pada tanggal tahun 2007. MI Andalan terlahir dan berada di lingkungan Pondok Pesantren Al-Qur’an Cijantung Ciamis. Atas prakarsa konsultan pendidikan yang diperkuat rekomendasi dari Ketua Yayasan Pendidikan Al-Islam Cijantung MI Andalan didirikan dengan tekad dapat memberikan warna baru dalam dunia pendidikan indonesia.
Terinsfirasi oleh konsep pendidikan hasil riset mutakhir dari para akhli terkemuka di dunia, MI Andalan berupaya menghadirkan model pendidikan terbaru yang lebih mengedepankan pendekatan aspek psikologi anak, sehingga prinsip-prinsip kecerdasan majemuk (multiple intelligences) pada siswa dapat terlayani. Pada saat ini MI Andalan telah mengadopsi Kurikulum Camridge untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris dan Kurikulum MEP untuk Mata Pelajaran Matematika.
MI Andalan saat ini menjadi salahsatu madrasah swasta model tingkat dasar terkemuka di Kabupaten Ciamis dengan nilai akreditasi A. Dengan menterapkan beberapa sistem kontemporer, di antaranya: 1) sistem pembelajaran berbasis kolegial, 2) sistem pendidikan  alamiah berbasih fitrah qur`ani, 3) mengadopsi terbatas kurikulum internasional dalam bahasa Inggris dan matematika, 4) kemitraan masyarakat-madrsah, 5) pendekatan pendidikan berdasarkan  brain-heart based learning system, dan 6) mengembangkan kurikulum berbasis keunikan dan kemandirian anak; MI Andalan selama ini memperlihatkan suatu model kontemporer bagaimana madrasah ibtidaiyah seyogyanya dikelola secara integratif, inovatif, dan profesional.
Dengan diintegrasikan kepada program unggulan pesantren, MI model Andalan membuktikan kepada masyarakat -- yang sampai saat ini menyimpan harapan kepada lembaga pendidikan pesantren untuk menjadi garda depan pendidikan Indonesia modern -- bahwa apabila madrasah dikelola dengan profesional, terbuka, modern, dan memegang teguh nilai-nilai al-Qur`an maka madrasah dapat berkiprah membanggakan bahkan terdepan di antara lembaga-lembaga formal modern lainnya dalam melahirkan siswa-siswa yang cerdas, tangguh, dan berakhlak mulia dalam basis keimanan yang kuat untuk menghadapi kehidupan yang semakin kompetitif di masa depan mereka.